July 16, 2022 By wild3.net 0

Ponsel Android Anda Bisa Terinfeksi Spyware, Google Peringatkan

Sebuah laporan baru dari Google memperingatkan pengguna Android tentang spyware yang sangat berbahaya yang dapat merekam audio dari perangkat Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Ancaman yang terdeteksi dan untungnya ditambal oleh Grup Analisis Ancaman perusahaan disebut PREDATOR dan itu adalah jenis spyware yang pasti tidak Anda inginkan di perangkat Anda.

Berikut cara mengetahui apakah perangkat Anda berisiko dan beberapa kiat untuk menjaga diri Anda tetap aman saat online.

Spyware PREDATOR Menginfeksi Ponsel Android

Diumumkan dalam posting blog dari Grup Analisis Ancaman Google, grup keamanan menemukan bahwa ponsel Android secara khusus ditargetkan untuk spyware yang disebut PREDATOR, yang sangat kuat dan meresahkan, untuk boot.

Spyware PREDATOR dapat merekam audio di perangkat Anda, memungkinkan pelaku kejahatan mendengar hampir semua hal yang dikatakan di dekat ponsel cerdas Anda. Spyware ini terutama telah digunakan pada jurnalis, untuk alasan yang jelas dan sama-sama meresahkan.

Adapun bagaimana hal itu terjadi di perangkat Anda, kampanye email sederhana telah memungkinkan spyware mengakses cukup banyak ponsel Android untuk menjamin peringatan dari Google sendiri. Setelah Anda mengklik URL misterius yang dipersingkat yang seharusnya tidak pernah Anda lakukan, spyware dimuat ke perangkat Anda dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk itu.

Serangan tampaknya hanya terjadi di beberapa negara, termasuk Mesir, Armenia, Yunani, Madagaskar, Pantai Gading, Serbia, Spanyol, dan Indonesia. Alasan serangan tersebut belum terungkap, tetapi mengingat sifat teknologi yang dipertanyakan, aman untuk mengatakan tidak ada hal baik yang akan terjadi, untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi Trestle on Tenth.

Bagaimana Melindungi Diri Anda Secara Online

PREDATOR adalah spyware yang sangat kuat, tetapi jika Anda tidak berada di salah satu negara yang tercantum di atas, Anda akan baik-baik saja. Lebih baik lagi, jika Anda tinggal di Amerika Serikat, spyware seperti ini bahkan jenis yang “sah” dari perusahaan seperti NSO Group — umumnya dilarang.

Namun, ada banyak ancaman dunia maya lain di dunia yang menempatkan Anda dan data pribadi Anda dalam risiko dan melindungi diri Anda tidak sesulit kedengarannya. Bahkan, dengan tips dan alat yang tepat, Anda dapat menghindari sebagian besar ancaman dunia maya sebelum Anda bangun di pagi hari.

Pertama, waspada dan jangan klik tautan acak. Dalam kebanyakan kasus, email phishing ini penuh dengan kesalahan ejaan, tanda baca yang salah, dan sedikit inkonsistensi dengan situs yang mereka coba tiru. Selama Anda mengawasi kesalahan semacam ini, Anda seharusnya bisa menjaga jarak dengan scammers email.

Selain itu, alat seperti pengelola kata sandi dan VPN membuat aktivitas online Anda secara keseluruhan lebih aman, menjaga kredensial, data lokasi, dan riwayat penjelajahan Anda tetap pribadi dari sumber luar. Terakhir, perangkat lunak antivirus adalah investasi yang baik, terutama jika Anda khawatir tentang apa yang mungkin menarik perangkat Anda, baik itu spyware berbahaya atau terlalu banyak iklan pop-up.