August 25, 2022 By wild3.net 0

Peralatan dan Alat Otomotif Untuk Industri Otomotif

Industri peralatan otomotif berurusan dengan produksi setiap jenis alat dan mesin yang diperlukan untuk pembuatan, pemeliharaan dan perbaikan kendaraan termasuk mobil dan suku cadang mobil. Dengan demikian, industri memproduksi beberapa jenis peralatan yang berbeda mulai dari perkakas tangan dasar hingga mesin yang lebih kompleks.

Berbagai Jenis Peralatan Otomotif

Bengkel dan garasi otomotif tidak akan Otomotif dapat berfungsi tanpa peralatan otomotif. Perabotan toko, lift, selang pembuangan, kompresor udara, peralatan pelumasan, gulungan listrik dan lampu, dongkrak, peralatan servis kendaraan, tangki penyimpanan cairan dan pipa trans-udara adalah beberapa dari berbagai jenis peralatan otomotif yang digunakan oleh manufaktur otomotif dan bisnis perbaikan otomotif.

Jenis Umum Peralatan Otomotif

* Perkakas Tangan: Bengkel otomotif menggunakan beberapa jenis perkakas tangan yang berbeda untuk proyek perbaikan dan pemeliharaan mereka. Beberapa item yang paling umum termasuk set ratchet dan set kunci pas, linggis (juga dikenal sebagai batang pengungkit), set soket, obeng, penggerak bintang dan kepala kopling, palu, tang dan pemotong kawat, bor listrik, gergaji besi, dan kunci pas torsi.

* Alat Pneumatik: Sebagian besar bengkel otomotif sekarang menggunakan alat pneumatik sebagai alternatif untuk motor bertenaga listrik karena yang terakhir lebih rentan terhadap bahaya kebakaran. Alat-alat tersebut ditenagai oleh udara terkompresi dan merupakan versi bertenaga tinggi dari alat-alat tangan yang lebih tradisional. Contoh umum peralatan otomotif pneumatik termasuk kompresor udara yang dapat digunakan untuk memberi daya pada berbagai alat termasuk palu, bor, ratchet, dan alat penyemprot.

* Ketersediaan peralatan pneumatik memudahkan mekanik dan teknisi dalam melakukan pekerjaan perbaikan dan perawatan karena kuat dan mudah digunakan. Misalnya, satu set gunting pneumatik dapat memotong lembaran logam dengan kecepatan yang lebih cepat dan meninggalkan tepi yang lebih halus jika dibandingkan dengan gunting timah tradisional. Demikian pula, palu udara yang dilengkapi dengan pahat atau mata bor memiliki banyak kegunaan. Mereka dapat digunakan untuk meluruskan penyok. Fitur pahat dapat digunakan untuk melepaskan bagian yang berkarat dan mata bor dapat digunakan untuk melepas paku keling dan baut lama yang terlalu sulit untuk dilepas dengan tangan.

* Lift: beberapa jenis alat pengangkat digunakan untuk mengangkat dan mengamankan mobil sehingga mekanik dan petugas reparasi dapat dengan mudah bekerja di bawah kendaraan. Alat pengangkat ini mencakup alat berteknologi rendah seperti dongkrak lantai dasar, landai mobil dan dudukan dongkrak serta lift hidraulik dan dongkrak lantai untuk efisiensi dan kinerja yang lebih baik.

* Sistem Pembuangan Knalpot Kendaraan: sistem pembuangan knalpot kendaraan digunakan untuk menangkap dan menghilangkan asap knalpot berbahaya untuk memastikan kualitas udara yang optimal di fasilitas perawatan dan perbaikan otomotif. Ini adalah peralatan wajib sesuai Standar OSHA untuk membatasi paparan emisi kendaraan yang berbahaya. Sistem pembuangan knalpot kendaraan umum termasuk selang jatuh serta gulungan.

* Sistem Pelumasan: Sistem pelumasan otomotif mencakup beberapa jenis pengukur oli, pengukur ATF, pengukur pelumasan roda gigi, katup pengeluaran, dan katup pengeluaran gemuk.

Bisnis peralatan otomotif merupakan bisnis yang sangat besar dan kompetitif. Bisnis perbaikan otomotif harus membeli peralatan dari dealer terkemuka untuk mendapatkan penawaran dan tingkat kinerja terbaik.